Selasa, 30 Maret 2010

08.19 - No comments

Pengaruh Globalisasi dan IT di Lingkungan Keluarga

Maraknya perkembangan doktrinisasi budaya luar sudah banyak kita jumpai di sekitar kita. Memang semua itu tidak pernah kita sadari dan secara tidak langsung sudah menggeser budaya kita sendiri. Hal tersebut sebenernya tertutup rapi oleh embel – embel era globalisasi dimana mayoritas masyarakat sudah berpikir modern dan termakan oleh zaman. Dapat kita lihat beberapa aspek yang terpaut dalam perubahan global yaitu meliputi budaya, attitude , pergaulan, kebiasaan, sampai teknologi terkini. Itu semua sebenarnya syah – syah saja, tapi kebanyakan orang beranggapan apabila tidak mengikuti perkembangan zaman pasti dibilang kuno. Saya sebagai pelajar beranggapan, memang yang namanya peradaban ke dunia modernisasi itu perlu tapi alangkah baiknya kita saring yang positif – positif saja dan tinggalkan hal – hal yang berbau negatif.
Jujur, saya sendiri juga mengikuti arus perkembangan globalisasi . Mulai dari tingkah laku dsb. Saya suka membaca, menonton tentang hal – hal yang berbau luar. Terkadang saya agak naif berpendapat bahwa ada beberapa kebiasaan orang Indonesia yang saya bilang norak dan kampungan . Memang susah sih memagari diri kita dari pengaruh luar ! Tapi yang patrut ditiru dari pengaruh luar adalah budaya disiplin yang tinggi dan berbeda sekali penerapannya di negeri kita ini Indonesia. Itulah hal hal kecil yang kadang membuat Indonesia kurang maju di bnerbagai bidang kadang juga disertai ketamakan salah satu hal yang paling besar kaitannya adalah internet. Dulu, internet dibilang kebutuhan tersier tapi kini sudah menjadi kebutuhan pokok dan wajib hukumnya . Internet adalah salah satu komunikasi yang didukung oleh sebuah gadget / alat elektronik . Saat ini dunia komunikasi dan telekomunikasi berkembang pesat di Indonesia , bahkan dapat menjadi bisnis yang menggiurkan dan amat sangat menguntungkan . Pengaruh telekomunikasi sangat besar dan dampaknya ada yang positif dan negatif . Dahulu kala orang mengetik memakai mesin tik menggunakan tinta, sedangkan sekarang laptop dan macbook sudah menjamur . Itu semua di desain untuk memudahkan manusia untuk beraktivitas dan sangat efisien. Di keluarga saya sendiri kebutuhan akan laptop dan computer sudah menjadi hal pokok, untuk orang tua saya karena hal itu mendukung pekerjaab beliau, dan apalagi saya sebagai calon mahasiswa pasti juga amat sangat butuh. Dan semua itu tidak terlepas dari yang namanya internet, internet memang memudahkan kita dalam mengetahui sesuatu hal terhangat dan terkini . Kebutuhan orang juga berbeda – beda hingga pada saat ini populerlah yang namanya blackberry memudahkan seseorang dalam melakukan pekerjaan contohnya pegawai kantoran yang dipermudah dengan akses push email , yang memungkinkan pengguna untuk dapat menerima dan mengirim email layaknya sms . Memang sekarang jaman sudah canggih dan kadang tanpa sadar semua kemudahan membuat kita semakin malas . Agak curhat sedikit saya juga pengguna blackberry dan gara – gara gadget tersebut saya juga kadang menjadi malas dan malah kadang suka addict , apalagi yang namanya situs jejaring social yang sudah menjadi santapan sehari – hari. Itu mebuat saya keasyikan dan suka lupa akan hak dan kewajiban saya sebagai pelajar. Tapi untungnya saya masih bisa membatasi diri . Hal baiknya internet juga mempermudah saya untuk mencari tugas dan browsing . Contohnya Ibu saya adalah seorang guru, beliau juga suka mencari bahan ajar dari internet karena disitu banyak sumber dan referensi . untuk hal edukasi , pemerintah sekarang juga sudah menerbitkan yaitu eBook, yaitu buku pelajaran elektronik. Memang semua itu didasari oleh tujuan pemerintah agar anak – anak pelajar di Indonesia tidak gagap teknologi . Sebenatnya internet juga bisa jadi ajang bakat bagi yang suka nulis, dulu saya iseng iseng ikut lomba membuat artikel di blogspot , yah walaupun tidak menang setidaknya dapet sertfifikat ..
Hal yang perlu ditekankan , seperti kita ketahui bahwa budaya asing bisa saja masuk dari mana saja apalgi internet , jadi perlu peranan orang tua dalam mengawasi anak – anaknya dan jangan si anak terjerumus karena juga banyak pengaruh dari dunia maya alias internet yang berdampak buruk. Untuk kita sebagai belajar, sebaiknya pilah pilih agar tetap bisa mengontrol dan membuang pengaruh yang tidak baik

0 comments:

Posting Komentar