Selasa, 15 November 2011

08.44 - No comments

resume kelompok 6 : Kepemimpinan Dalam Organisasi

Sebuah hal yang tidak perlu ditanyakan lagi kepada pribadi semua orang " mengapa ingin ikut Organisasi ? " pasti jawaban nya tak lain dan tak bukan pasti " ingin belajar berorganisasi dan ingin melatih kepemimpinan ". Benar sekali ungkapan tersebut sangat kerap terjadi pada kita semua ketika ingin mengkuti suatu kegiatan organisasi. Pada dasarnya memang untuk melatih kepemmimpinan haru sudah ditanam sedari kecil dengan memotivasi diri yang baik, terlebih kita adalah calon penerus dan pemimpin bangsa. Semua berubah, dan jaman pun berubah. Di era globalisasi , perkumpulan dan organisasi sangat marak di mata public dan sudah terdapat dimana-mana. Memang semua tergantung hati nurani, manakah yang termasuk sehati dan sepemikiran dengan kita.
Kembali ke permasalahan kepimimpinan, kalo ditanya apakah kepemimpinan Pemerintah sudah berjalan dengan baik ? pasti jawab nya belum. Menjadi seorang pemimpin memang merupakan suatu challenge tersendiri bagi sesorang dalam suatu kelompok, dimana sesorang dituntut sebagai pengayom, perangkul, dan penanggung jawab atas semua hal yang kemungkinan terjadi. Ini benar - benar menguji mental, emosi, fisik terlebih yang berkaitan dengan suatu konstitusi pemerintahan , Presiden misalnya, Pasti tidak akan terbayang betapa sulit nya menjadi pemimpin yang baik yang pribadi nya dijadikan sebagai panutan bagi rakyat banyak.
Kriteria untuk menjadi seorang Pemimpin tidak serumit yang orang - orang pikir, tetapi lebih dituntut untuk selalu bersahaja, adil, dan tidak ber ombang ambing dalam menangani keputusan. Lalu yang terpikir oleh saya adalah kita ini masih berusia belia 18-19 tahun, apabila contoh nya salah satu dari kita menjadi seorang pemimpin dalam suatu organisasi , mau itu organisasi kecil dr lingkungan RT, RW sampai BEM Fakultas , lalu apa salah kalau keputusan kita dinilai masih terombang ambing ? menurut saya itu wajar , seusia kita sekarang ini memang dibilang masih labil dimana terkadang untuk menentukan sesuatu hal mau terkadang masih terbawa rasa emosi. Fakta tersebut benar m tp justru disitulah alasannya mengapa kita harus ikut dalam aktivitas organisasi ? yah karena amat sangat baik untuk melatih rasa kempimpinan dan tanggung jawab , mutlak perlu sedari dini .
Pada waktu-waktu yang lalu , kelompok 6 membahas tentang suatu studi kasus tentang sebuah aktivitas kecil yang bertajuk " Bike to Work " . Semua tahu kan cycling club sedang marak-marak nya di ikuti bahkan sering mengadakan event seperti sepeda santai dll. Intinya simple , kegiatan ini dibuat rata-rata oleh kalangan bapak - bapak , ibu - ibu yang notabene nya adalah para karyawan kantoran yang sehari - hari nya bekerja di depan monitor jenuh dan memang benar - benar ingin ber olahraga. Pad akkhirnya mereka membentuk suatu komunitas dan tergagas lah konsep " Bike to Work" . ini merupakan sesuatu hal yang sangat baik sekali , yah mungkin jalanan jakarta tidak seperti di Rotterdam yang notabene mempunyai jalur sepeda tersendiri serta 60% bebas polusi dr kendaraan bermotor, tetapi yang sangat dibanggkan adalah bagaimana proses mereka sehingga membentuk seuatu komunitas dan kahirnya secara tidak sadar mereka juga membawa misi go green. Mungkin mustahil kalau bagi orang- orang yang rumah nya jauh, karean skrg ada konsep sepeda lipat yang bisa di jinjing selama mereka dalam kendaraan misalnya kereta api dsb. Selain membawa misi Go green , disini juga melatih kepemimpinan bagaimana orang yang satu bisa meng koordinir anggota lainn nya terlebih dalam memnbuat suatu event . hal- hal tersebut lah yang dapat kita contoh dan ambil hikmah nya.

0 comments:

Posting Komentar